Senin, 28 Oktober 2019

SISTEM KOMPUTER

1. PENGERTIAN
      Arsitektur Komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0. Sedangkan Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.

a) Arsitektur Komputer


     Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).


b) Organisasi Komputer


     Adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol.


2. STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM KOMPUTER

  A. Fungsi dasar sistem komputer : 

     a. data proses

       Komputer untuk mengolah kumpulan data yang menghasilkan suatu informasi. Data yang diolah biasanya berupa dokumen, surat, kata, grafik, kondisi, ide, objek, dan lain-lain tergantung kebutuhan dari pengguna komputer tersebut dan proses pengolahan data tersebut dilakukan oleh suatu software.

     b. data storage

        Untuk mengamankan banyak data yang suatu saat nanti data tersebut akan digunakan kembali untuk diolah. Semua data didalam komputer disimpan dalam sebuah harddisk. Harddisk itu sendiri memiliki kapasitas memori yang berbeda-beda.

     c. data transfer

       Untuk mengirim atau menerima data dari computer satu ke computer lainnya, agar proses pengolahan data lebih mudah.

     d. kontrol 

       Dikerjakan oleh seseorang dengan memasukan perintah-perintah ke dalam system computer, lalu computer akan mengerjakan sesuai dengan perintah-perintah yang telah diinput oleh manusia.

 B. Struktur sistem komputer :


        1) CPU
              CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit adalah komponen keras atau perangkat hardware pemroses data utama dalam sebuah komputer. CPU dapat disebut sebagai otak komputer karena CPU mengatur semua aktifitas dan jalannya semua program termasuk aplikasi atau software di dalamnya.

         a) control unit
             Control Unit - CU (Unit kendali ) adalah salah satu bagian dari Central Processing Unit (CPU) yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut.

               a. sequencing logic
                   Sequencing logic ialah Control Unit sistem komputer yang berfungsi sebagai pengatur kerja utama didalam sistem CPU.
  
               b. control unit register dan decoder
                   Control unit Register and Decoders ialah register tempat meletakkan dan menerjemahkan instruksi. Instruksi yang dimaksud disini ialah instruksi yang dapat dimengerti oleh CPU diatasnya.
Register adalah sebagian kecil memori komputer yang dipakai untuk tempat penampungan data dengan ketentuan bahwa data yang terdapat dalam register dapat diproses dalam berbagai operasi dengan melihat berapa besar kemampuan menampung register tersebut.
Decoder adalah alat yang di gunakan untuk dapat mengembalikan proses encoding sehingga kita dapat melihat atau menerima informasi aslinya. Pengertian Decoder juga dapat di artikan sebagai rangkaian logika yang di tugaskan untuk menerima input input biner dan mengaktifkan salah satu outputnya sesuai dengan urutan biner tersebut. Kebalikan dari decoder adalah encoder.

Fungsi Decoder adalah untuk memudahkan kita dalam menyalakan seven segmen. Itu lah sebabnya kita menggunakan decoder agar dapat dengan cepat menyalakan seven segmen.

               c. control memory
                   Memori adalah perangkat keras (Hardware) yang berfungsi mengolah data dan instruksi. Semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun intruksi yang dapat diolahnya.  Memori juga berfungsi sebagai Media penyimpanan data. Pengertian menurut istilah memori biasanya merujuk pada media atau tempat untuk menyimpan data yang dapat dikatakan bahwa memori merupakan perangkat keras yang khas digunakan untuk menyimpan data atau informasi dan dapat dibaca atau diambil kembali saat diperlukan.

        b) arithematic dan logic unit
             Arithmatic Logical Unit (ALU), adalah salah satu bagian/komponen dalam sistem di dalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi/perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR

        c) register
            Register adalah sebagian kecil memori komputer yang dipakai untuk tempat penampungan data dengan ketentuan bahwa data yang terdapat dalam register dapat diproses dalam berbagai operasi dengan melihat berapa besar kemampuan menampung register tersebut.

        d) CPU Interconnection
            CPU Interconnections adalah sistem Koneksi dan bus yang menhubungkan komponen internal CPU,yaitu ALU,unit kontrol dan register register dan juga dengan bus bus eksternal CPU yang menhubungkan dengan sistem lainnya,seperti memori utama , piranti masukan/keluaran.

  2) Memori utama
      memori utama adalah memori inti dalam suatu komputer dan merupakan media penyimpanan dalam bentuk array yang disusun word atau byte, kapasitas daya simpannya bisa jutaan susunan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri.

  3) I/O
      Pengertian Sistem Input Dan Output Komputer I/O Sistem Input Dan Output Komputer atau sering juga disingkat dengan I/O adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus melalui suatu aliran data dari proses ke peranti (begitu pula sebaliknya).

  4) Interconnection
       Didalam bidang telekomunikasi, pengertian interkoneksi (interconnection) adalah hubungan fisik (physical linking) jaringan operator dengan peralatan atau fasilitas yang tidak termasuk jaringan tersebut.

   Referensi:
http://neshajelita.blogspot.com/2014/09/control-memory.html
http://tugas-komputerku.blogspot.com/2012/11/cpu-interconnections.html
https://www.academia.edu/27451123/Pengertian_Sistem_Input_Dan_Output_Komputer_I_O
https://www.okezine.com/tag/interconnection/

http://www.pengertianku.net/2014/12/pengertian-arsitektur-komputer-secara-lebih-jelas.html
http://adnanmahmudi.blogspot.com/2014/09/sequencing-logic-dan-register-decoder.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGKONVERSI PENJUMLAHAN BILANGAN BINER POSITIF DAN NEGATIF

CARA MENGHITUNG NILAI (+) DAN (-) DALAM BINER Kita dapat menghitungnya dengan mudah dengan cara membuat lingkaran sebangai berikut: ...